Senin, 11 Februari 2008

Penerapan SCM oleh Usaha Kecil Menengah (UKM)

Bagian III

Email dari Google
Email (Electronic mail ) adalah suatu proses cara pengiriman dan penerimaan pesan informasi melalui komputer. Berkomunikasi menggunakan e-mail dilakukan dengan mengetikan pesan yang akan dikirimkan melalui program komputer yang khusus untuk keperluan ini, misalnya software khusus yang tersedia pada Gmail. Gmail adalah fasilitas Email berplatform Google dengan yang kapasitas 2.8GMB

Penyedia layanan Email gratis yang tersedia di dunia maya dari Google ini memberikan akses kepada pengguna Internet untuk memiliki Gmail.
Maka sebelum pengguna Internet dapat mengakses Gmail ini terlebih dahulu mereka mendaftarkan diri mendapatkan sebuah Google Account.
Account google yang anda dapatkan akan berguna untuk akses Gmail dan semua fasilitas/service lain yang tersedia di Google (Google services)

Untuk mengetahui langkah dalam memulai Gmail kunjungi situs ini http://www.google.com/mail/help/tour/

Google Documents
Faslitas dari google ini sangat luarbiasa karena memungkinkan anda membuat dokumen, spreadsheet, dan presentasi secara online. Dan dapat melakukan sharing data pada dokumen dokument tersebut. Disamping itu andapun dapat berbagi-pakai dan berkolaborasi secara real-time.

Akses ke dokumen akan dapat berlangsung bilamana rekan untuk berbagi juga memiliki account Gmail yaitu mempunyai sebuah alamat email. Ajakan dan pemberitahuan untuk melakukan sharing data bersama dapat dikirimkan keseluruh tipe alamat tidak harus penerima memiliki dalam account-Gmail. Namun untuk membuka lembaran dokumen user terlebih dahulu diminta membuat account baru di Gmail.

Kemudahan Google Documents lainnya adalah juga tersedianya folder untuk menyimpan dan mengelola data/karya anda dengan aman serta mengendalikan siapa saja yang dapat mengakses dokumen-dokumen tersebut.

Tersedianya service google ini dapat dimanfaatkan oleh perusahaan kecil dimana selain service ini gratis juga tidak memerlukan keahlian khusus dalam proses pengintegrasianya. Dengan demikian layanan ini dapat memfasilitasi kesepakatan bisnis secara elektronis (on-line dealing) untuk mempertemukan pembeli dengan penjual, investor dengan mitra lokal dan produsen dengan supplier.
Beberapa pengalaman tentang pemanfaatan Google Documents

Berikut Tutorial praktis Pembuatan Google Documents dapat Anda download di sini.


Blog : Weblog dari Blogger
Blog adalah kependekan dari Web Log, sebuah istilah untuk menyebut sebuah kelompok website pribadi yang selalu ter-update dan berisi link-link ke website lain.

Blog dalam perkembangannya tidak lagi berisi link-link dan tulisan tentang apa yang seorang Blogger pikirkan, rasakan. Juga sudah menjadi diary online yang memuat catatan aktifitas sehari-hari. Satu-satunya hal yang membedakan Blog dari Diary biasa adalah bahwa Blog dibuat untuk dibaca orang lain.

Cara paling direkomendasikan untuk memiliki Blog sendiri adalah dengan mendaftarkan diri anda disatu layanan blog terkenal seperti pada Blogger.com. Bloger.com menawarkan service platform, nama domain dan hosting blog secara gratis

Karena murah dan mudahnya pembuatan blog dari google service ini dapat anda manfaatkan sebagai media komunikasi dalam pemasaran dan promosi perusahaan anda. Media promosi internet sebelumnya menggunakan situs homepage namun dengan perkembangan jaman dimana hubungan pemasaran tidak lagi statis maka diperlukan media yang lebih interaktif.

Melalui blog ini anda dapat menampilkan produk baru, spesifikasi produk dan kelebihannya serta penjelasan lain yang mendukung. Dengan media blog, pengusaha mengetahui lebih cepat reaksi konsumen terhadap produk, melalui komentar-komentar yang diberikan.

Sehingga selain dapat memberikan sentuhan tersendiri kekonsumen juga anda dapat langsung mengetahui permasalahan yang timbul dan memberikan alternatif solusi bahkan perbaikan produk. Suatu cara praktis dan mudah untuk berinteraksi dengan komsumen anda dalam memenuhi tuntutan penyediaan produk yang tepat dan sesuai dengan kepuasan mereka. Ini adalah suatu strategi efektif dalam meningkatkan brand produk anda dimata konsumen.

Jadi dari beragam jenis layanan yang tersedia memungkinkan pemakai berkolaborasi pekerjaan dan bisnis dalam sekala kelompok besar dan tak terbatas.
Demikian tulisan ini saya buat dan barangkali dapat dijadikan inspirasi dan awal pemanfaatan Internet dalam bisnis anda.
Semoga bermanfaat.

Tutorial praktis pembuatan Blog ada di sini. Free Download ataupun hal lain seputar membangun blog dapat menghubungi saya langsung.

Tidak ada komentar: