Senin, 04 Februari 2008

Penerapan SCM oleh Usaha Kecil Menengah (UKM)

Bagian II

Pemanfaatan Teknologi Internet dan Supplay Chain
Keunggulan penerapan SCM memberikan nilai kompetitif bagi perusahan dalam pendistribusian produk ke konsumen. Pengelolaan dan pengintegrasian sistem penjualan dan operasi melalui pertukaran data informasi menjadi lebih mudah dan terencana. Hal ini sangat esensial dalam mengatasi fluktuasi pasar.
Ada banyak aplikasi software dari SCM yang sesuai dengan kondisi perusahaan dan pasar. Penerapan yang sukses akan memberikan efektifitas pendistribusian dan peningkatan keuntungan secara maksimal.

Namun dengan perkembangan Internet telah mendorong setiap perusahaan dapat meningkatkan kerjasama dalam bidang operasional. Dengan Internet perusahaan yang unggul dalam bidang pemasaran dapat bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan kecil lainnya yang mungkin unggul dibidang manufacturing, distribusi dan sebagainya.
Internet adalah bagian yang paling penting dari pelaksanaan sistem supply chain.

Usaha Kecil dan Google Services
Pemanfaatan Internet mempercepat proses transfer data/informasi antar lokasi di dunia ini. Memungkinkan pendistribusian data secara terintegrasi serta aktifitas sharing data berlangsung cepat, murah dan akurat.

Dari sekian banyak kegiatan yang dapat anda lakukan dengan internet, perlu kiranya anda mencermati suatu sistem dimana tugas-tugas anda dapat ditangani hanya dalam satu website. Yakni Google.com

Bagi orang awam Google.com mungkin dikenal dengan Search Enginenya dan layanan E-mail 2.8 Giga-nya, tetapi dibalik itu semua masih terdapat fasilitas yang lain yang bisa anda manfaatkan dari Google tersebut. Tetapi sebelum menggunakan sumberdaya yang terdapat di Google anda diwajibkan untuk mendaftarkan diri sebagai anggota dari Google.

Berikut ini cara mendaftar di Google.
Sebagai tambahan bahwa user dan password e-mail yang sudah anda daftarkan di Google dapat digunakan untuk login pada semua fasilitas yang ada di Google.

Usaha Kecil Menengah dapat memanfaatkan murahnya Internet dalam berkolaborasi serta membangun bisnis bersama. Seperti fasilitas yang tersedia secara free pada Google ini. Berikut fasilitas atau service tersebut :
Bersambung...

Tidak ada komentar: