Senin, 28 Januari 2008

Penerapan SCM oleh Usaha Kecil Menengah (UKM)

SCM dan Sejarahnya

Apa sih Supplay Chain ?,
Sebenarnya SCM bukan barang baru. Ini adalah sebuah konsep atau mekanisme peningkatan produktivitas yang sebenarnya hasil evolusi dari konsep yang telah lama lahir sebelumnya. Sekitar 35 tahun lampau lingkungan industri telah menerapkan metode perencanaan yang dikenal MRP (Material Requirement Planning), dan sejalan dengan semakin tingginya persaingan dan tuntutan perusahaan untuk lebih efisien kemudian lahirlah ERP.

ERP (Enterprise Resource Planning) adalah aplikasi bisnis yang mengatur seluruh manajemen dilingkungan perusahaan yang berbasiskan teknologi komputer. Sehingga data antara bagian menjadi transparan dan membuat supply chain dalam suatu perusahan dapat menjadi lebih sederhana dan efisien.

Profile Industri Kecil dan SCM
Penerapan SCM selalu ada pada perusahan besar, namun tidak demikian halnya pada industri kecil yang pengelolaannya masih sangat tradisional. Namun sebenarnya dijaman sekarang dengan tingginya persaingan bisnis dan tuntutan konsumen yang semakin rumit diperlukan upaya cerdas tidak saja oleh perusahan besar namun juga oleh perusahan kecil.

Tatkala konsumen menjadi semakin kritis, mereka menuntut penyedian produk secara tepat waktu dan tempat. Perusahaan yang sukses adalah yang mampu memenuhi kepuasan pelanggan, mengembangkan produk tepat waktu, mengeluarkan biaya yang rendah dalam bidang persediaan dan penyerahan produk, mengelola industri secara cermat dan fleksibel melalui supply chain management (SCM).- (Ryoich Watanabe-Waseda University)

bersambung...
Pemanfaatan Teknologi Internet secara murah dengan Google services

Tidak ada komentar: