Senin, 17 Maret 2008

Cara Gampang Mengembangkan Bisnis Melalui Internet

Mengembangkan Bisnis Murah Melalui Website

Murahnya website di Internet
Besarnya potensi yang ada serta pemanfaatan internet untuk mengembangkan bisnis adalah pilihan yang tepat. Karena pengembangan usaha lewat media online ini selain murah juga mudah, sehingga anda sebagai pengusaha pemula sangat cocok mengembangkan usaha melalui sebuah website.

Website bisnis yang sesuai
Membuat dan menyiapkan sebuah website dimungkinkan dengan melakukan beberapa langkah dan tahapan. Namun yang terpenting adalah menentukan terlebih dahulu model bisnis yang bakal anda gunakan serta produk atau jasa yang ditawarkan didunia maya ini.

Mempromosikan Website

Jangkauan Promosi
Penggunaan Internet sebagai media promosi tidak saja lebih atraktif dan informatif, namun juga cepat dan mudah diakses. Website dapat diakses dan dijangkau tidak saja lokal namun juga global. Dengan demikian website anda dapat dikunjungi oleh calon customer dari berbagai wilayah di dunia. Jadi wilayah bisnis anda akan memiliki jangkauan pasar yang sangat luas.

Promosi Yaitu Content Anda
Potensi website dalam memasarkan produk dan jasa sangat luarbiasa. Maka sekarang bagaimana anda mengenalkan toko on-line ini ke pasar. Ini adalah langkah penting agar calon kosumen dapat mengunjungi website atau toko online anda. Dan melihat produk dan jasa yang ditawarkan serta mendapatkan keuntungan dari program yang ada tawarkan.

Upaya mengenalkan dan mempromosikan Website tentu harus anda lakukan, salah satunya adalah dengan melengkapi website dengan tulisan /posting/ artikel/ gambar yang mendukung bisnis. Jadi buatlah content yang mendukung seluruh bisnis anda.

Dan sangat membantu sekali bila Website anda dilengkapi dengan :

- Ruang Forum untuk Konsumen anda
- Halaman khusus untuk promosi produk-produk yang spesifik
- Menawarkan paket produk versi murah dan premium atau tawaran khusus.
- Menawarkan keanggotaan dengan beserta keuntungannya (Discount dan Bonus)
- Memberikan sample produk, e-book dan tutorial digital gratis
- Lengkapi alamat-link url yang mendukung dengan bisnis anda
- Letakkan iklan berupa teks atau grafis sederhana di tempat yang strategis
- Menawarkan konsumen mendapatkan update penawaran otomatis melalui email atau melalui Feed-RSS.

Dan tentu yang tak kalah penting yang perlu kita perhatikan yaitu etika dan cara-cara terbaik dalam berpromosi di internet. Seperti contoh jangan melakukan Spam.

Membangun Kredibilitas Bisnis anda melalui Internet

Kredibilitas adalah Modal Utama
Walaupun bisnis yang anda tawarkan melalui Internet tersebut bagus dan hebat, tidaklah cukup bilamana konsumen belum yakin dengan anda. Nah, inilah yang paling penting dalam berbisnis yakni unsur kepercayaan.

Jadi yang perlu anda lakukan adalah membangun kepercayaan dengan memberi informasi selengkap mungkin didalam website, seperti : kelengkapan Identitas Anda, foto produk beserta spesifikasi lengkap beberapa testimonial produk, aktivitas perusahaan, training gratis yang tersedia, dan memberikan service yang baik, dsb.

Memiliki website sendiri untuk produk anda akan membangun kredibilitas bisnis itu sendiri. Beberapa strategi penting yang perlu anda bangun dan persiapkan adalah :

- Melengkapi konsumen anda dalam bertransaksi secara mudah
- Mempromosikan rekan supllier atau vendor dalam jaringan bisnis anda
- Menawarkan sistem supply menggunakan layanan service google documents
- Menawarkan program sales freelance sebagai tenaga penjual lepas anda.
- Menawarkan kerja sama bisnis berupa program refferal dan affiliasi.
- Melakukan kerjasama/ sinergi dengan perusahaan sejenis di internet, yakni berupa saling mempromosikan produk atau jasa mereka kepada konsumen anda, dan demikian halnya mereka akan mengiklankan produk dan jasa anda.

Dengan terbangunnnya kredibilitas website yang dimiliki akan membuat pengunjung website percaya dengan bisnis anda dan tentu akan membeli produk dan jasa yang ditawarkan. Kredibilitas adalah modal utama untuk keberhasilan bisnis online Anda.
Demikian tulisan ini saya buat semoga berfaedah

Tidak ada komentar: